Siapkan Generasi Milenial yang “BERIMAN” MTsN 8 Sleman Gelar Uji Publik Kurikulum

 

(Prambanan, Sleman) Kurikulum  ibarat “kitab suci” bagi sebuah lembaga pendidikan dalam penyelenggaraan dan pengembangan pembelajaran. Karena dengan kurikulum sebuah lembaga pendidikan dapat menentukan arah pembentukan karakter akademik, social dan religi bagi siswanya. Sesuai visi MTsN 8 Sleman yaitu BERIMAN (Bertakwa, Berakhlak Mulia, Berprestasi, Berwawasan Lingkungan, Inovatif, dan Mandiri),  tentu kurikulum menjadi fokus perhatian madrasah. Hal ini direspon oleh MTsN 8 Sleman dengan melaksanakan uji publik kurikulum sebelum proses belajar mengajar Tahun Pelajaran 2018/2019 dimulai. Dengan uji publik diharapkan kurikulum akan lebih sempurna. Rabu,11/07 MTsN 8 Sleman sukses menyelenggarakan uji publik Kurikulum. Kegiatan yang bertempat di aula lantai 2  diikuti oleh seluruh civitas akademika MTsN 8 Sleman, perwakilan komite dan perwakilan siswa. Pada kegiatan ini dihadirkan nara sumber dari berbagai kalangan masyarakat. Dari unsur akademisi hadir DR. Sugiman,M.Si. dari Universitas Negeri Yogyakarta, unsur birokrasi diwakili Achmad Fauzi, S.Ag, M.Si. yang merupakan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman dan pengawas pendidikan  dari kantor kemenag Kabupaten Sleman Dra.Hj. Charisatuniswah,M.Pd.

Dalam sambutannya Kepala madrasah Drs. Sigit Sugandono menyampaikan bahwa uji publik ini merupakan agenda rutin dan menjadi tuntutan regulasi yang harus dilaksanakan oleh setiap madrasah. Untuk itu diharapkan seluruh peserta dapat berpartisipasi aktif  sehingga mendapatkan kurikulum yang representatif.

Sedangkan Akhmad Fauzi, S.Ag. M.Si. dalam sambutannya menyampaikan beberapa poin penting yaitu, bahwa uji public merupakan urgensi transparansi kebijakan. Dengan kurikulum yang sempurna MTsN 8 akan siap menorehkan sejarah untuk 1 tahun kedepan. Beliau berpesan agar tahfidz tetap menjadi program unggulan di semua madrasah dengan harapan bahwa madrasah akan mampu mencetak generasi milenial yang berakhlakul karimah.

Waka Kurikulum H.Mulyono, S.Pd,MA. dalam pemaparan rancangan kurikulum menyatakan bahwa rancangan ini disusun berdasarkan potensi yang dimiliki oleh MTsN 8 Sleman. Kurikulum MTsN 8 Sleman ditekankan pada aspek karakter, kompetensi dan literasi.

DR. Sugiman,M.Si., dalam tanggapannya memberi masukan agar kriteria kenaikan kelas dan kelulusan lebih ditegaskan pada mapel agama karena MTs merupakan Sekolah berbasis agama. Sehingga siswa lulusan MTs memiliki kemampuan plus baik ilmu umum maupun ilmu agamanya.

Dra.Hj. Charisatuniswah,M.Pd. dalam tanggapannya menyampaikan agar target dan materi kegiatan ekstrakurikuler harus jelas. Selain itu literasi harus lebih detail pada proses tahapan-tahapannya. Madrasah sebagai institusi di bawah kemenag juga harus mengakomodir nilai-nilai ramah anak baik dari sisi materi maupun proses pembelajarannya. (An)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *