Kakanwil Kemenag DIY: Santri Merupakan Kekuatan Besar Di Bidang Ekonomi

Sleman – Tidak dapat dipungkiri bahwa santri merupakan kekuatan besar pada bidang ekonomi, banyak tokoh pengusaha saat ini adalah seorang santri, hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Drs. H. Muhammad Lutfi Hamid, M.Ag. saat menjadi narasumber pada acara Forum Group Discusion Proyek Perubahan Entrepreneurship Santri Pada Pondok Pesantren di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman Selasa (14/8). Keberhasilan santri dalam berwirausaha dikarenakan mempunyai kerangka berfikir yang tidak formalistik, kemampuan observasi terhadap wilayah serta dengan kharismanya mampu memobilisasi masa, secara alami itu termasuk dalam teori dasar Entrepreneur, imbuh pak lutfi.

Saat memaparkan Proyek perubahan Entrepreneurship Santri Pada Pondok Pesantren Drs. H. Sa’ban Nuroni, MA. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sleman menjelaskan Pondok Pesantren merupakan salah satu dari sekian banyak institusi pendidikan yang ada di Indonesia, yang berperan memajukan sumber daya manusia, potensi potensi yang ada didalamya sangat banyak dan beragam, diantaranya adalah kemampuan dari pondok pesantren dalam membiayai kebutuhan ponpes secara mandiri dengan usaha mandirinya. Dari 146 pondok pesantren di Sleman sesuai pendataan ada 36 pondok pesantren yang memiliki potensi dan kegiatan mandiri yang perlu mendapatkan dukungan dari berbagai fihak. Menjadi tugas Kementerian Agama untuk mencarikan solusi tersebut. Proses produksi, pengemasan, managemen pemasaran menjadi hal yang perlu dibekalkan untuk usaha mandiri pondok pesantren di Sleman.

Diundang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sleman diantaranya Dinas Peridagkop, Dinaskertran, Dinas Tenaga Kerja, Perpusda, Dinask KB Sleman, Bapeda Sleman juga dari perbankan dan Perwakilan dari Pondok Pesantren untuk memberikan masukan serta diminta dukungan nyata untuk pelaksanaan Proyek Perubahan kewirausahaan santri mandiri. Pada kesempatan tersebut juga dikukuhkan Forum Santri Mandiri Kabupaten Sleman di Ketuai Ust. H. Deni Setiawan, M.Pd.

Kepengurusan Forum Santri Mandiri Sleman yang baru saja dikukuhkan berfoto bersama Kakanwil dan Kakankemenag Sleman

Acara tersebut juga mengundang Narasumber Staf Ahli Pemerintahan dan Hukum Kabupaten Sleman H.Mustain Aminun, SH. MSi. dengan materi Kebijakan Kebijakan Pembangunan Bidang Keagamaan Di Kabupaten Sleman. Pemerintah Kabupaten Sleman mendukung program ini, dan memberikan ruang untuk berkomunikasi dengan OPD terkait untuk ditindaklanjuti pada kerjasama teknis selanjutnya.(pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *