Songsong UNBK, Matsesa Lejitkan Prestasi dengan “Auto Sugesti Power”

MTsN 10 Sleman (Humas)-Menghadapi  Ujian Nasional,  diperlukan strategi jitu untuk menyukseskannya. Selain persiapan materi  pelajaran secara intensif, Mts Negeri 10 Sleman menggelar persiapan mental berupa Achievement Motivation Training (AMT). Acara yang diikiuti seluruh peserta didik kelas IX ini, berlangsung di Gedung Olahraga (dome) Matsesa Sabtu (19/1).

Saat  membuka acara, Kepala Madrasah Drs. Busyroni Majid, M.Si  menyitir hadis Rasulullah Muhammad saw  bahwa jika hari ini   lebih baik dari hari kemarin maka beruntunglah;  jika hari ini sama dengan hari kemarin  maka merugilah; dan jika hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka terlaknatlah. “Untuk itu, mewujudkan  perubahan ke arah yang lebih baik   menjadi syarat  penting menuju sukses Ujian Nasional” tegas Pak Majid.

 

Pelatihan  kali ini menghadirkan kembali motivator Nur Wahyudin Al Azis, M.Pd. dari MAN 3 Sleman (Mayoga). Tajuk yang diusung  adalah “Auto Sugesti Power”. Bahwa sugesti terbesar untuk sukses UN adalah motivasi dan keyakinan diri. Target ujian nasional tinggal menghitung hari. Meski begitu, dengan keyakinan dan ikhtiar yang kokoh,  keberhasilan bukan hal yang mustahil.

 

Keyakinan tidak hanya sebatas ucapan lisan, tetapi harus  diiringi tindakan nyata. Keyakinan diwujudkan dengan  target tertulis nilai UN dan fokus dengan target itu. Langkah berikutnya yakni realisasikan keyakinan dengan  upaya yang jelas yakni belajar rutin 2 jam sehari, menon-aktifkan HP dan TV saat belajar, tidak membolos les, perbanyak doa dan salat tahajud, serta tidak mudah menyalahkan keadaan.

Motivator Nur Wahyudin Al Azis, M.Pd. dari MAN 3 Sleman (Mayoga) mengusung tajuk “Auto Sugesti Power” untuk mensugesti sukses UN dengan motivasi dan keyakinan diri.

Azis mengilustrasikan dahsyatnya motivasi dengan kisah nyata yang menginspirasi seperti Terry Fox penderita kanker tulang dari Inggris. Dia berhasil mengumpulkan milyaran dollar untuk penelitian kanker. Meski nyawa diujung tanduk, Terry berusaha keras agar hidupnya bermakna. Dia berlari ribuan km dengan satu kaki demi mengumpulkan donasi.Gelar pahlawan pun ditolaknya dengan alasan bahwa ibunyalah sang pahlawan sejatinya.

 

Usaha di atas akan sia-sia tanpa doa restu orang tua dan bapak ibu guru di sekolah.  Untuk itu, peserta didik berkewajiban untuk menghormati, menyayangi,  dan mohon doa restu kepada mereka. Jadikan jerih payah dan pengorbanan orang tua  menjadi alasan untuk melecut prestasi.

 

Upaya  sukses lainnya yaitu mengenali penyebab kegagalan belajar yakni tidak  memiliki tujuan yang jelas, tidak fokus dengan tujuan, minder, pesimis, dan ceroboh. Segeralah enyahkan  “negatif thinking”tersebut. Pupuk dan tanamkan semangat  “positive thinking”.

Strategi jitu pun diperlukan pada hari-H Ujian Nasional. Peserta didik hendaknya menjaga kondisi psikis dan fisik yang prima. Hindari datang terlambat, dan  panik menghadapi soal ujian. Terakhir, peserta mengecek ulang hasil pekerjaan.

 

Upaya-upaya di atas memang tidak mudah. Namun, semua  mesti dilakukan untuk sukses UN dan sukses masa depan. Tiada prestasi luar biasa dengan usaha  yang biasa. “Aku berada dalam sangkaan hamba-Ku tentang Aku, dan Aku bersama-nya ketika ia menyebut Aku. Bila ia menyebut Aku dalam dirinya, Aku menyebut dia dalam Diri-Ku. Bila ia menyebut Aku dalam khalayak, Aku menyebut dia dalam khalayak yang lebih baik dari itu. Bila ia mendekat kepada-Ku satu jengkal, Aku mendekat kepadanya satu hasta. Bila ia mendekat kepada-Ku satu hasta, Aku mendekat kepadanya satu depa. Bila ia datang kepada-Ku berjalan kaki, Aku datang kepadanya berlari-lari”. (HR.Al-Bukhari, Muslim, Ibn Majah,  At-Tirmidzi, Ibn Hanbal).

 

Waktu cepat berlalu. Pelatihan dari pagi harus berakhir saat zuhur menjelang. Motivator berhasil membius peserta didik dengan performa yang apik,  enerjik, variatif, dan rekreatif tanpa kehilangan unsur haru dan hikmat. Semoga  peserta didik semakin terlejitkan semangatnya untuk masa depan lebih baik. (nly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *