Rintisan Desa Binaan Keluarga Sakinah Sleman Tahun 2019 Dicanangkan

Kemenag Sleman (humas)-Pemerintah Kabupaten Sleman bersinergi dengan Kementerian Agama Kabupaten Sleman Senin (29/4) Mencanangkan Perintisan 3  Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS) di Desa Mororejo tempel Sleman. menyusul hari ini, Selasa (30/4) adalah sosialisasi DBKS di Desa Sendangadi Mlati Sleman dan Desa Wonokerto Turi.

DBKS merupakan gerakan bimbingan masyarakat islam menyangkut banyak hal yang diantaranya adalah upaya  menciptakan keluarga dan masyarakat yang bahagia dan sejahtera, mewujudkan suuasana keagamaan yang gemar beribadah, baca tulis Alquran dan berakhlak mulia. “selain itu 4 hal yang bisa membuat bahagia adalah memiliki pasangan yang sholih, anak anak yang berbakti, lingkungan yang mendukung dan memiliki rizki, ini juga merupakan pendukung terciptanya kehidupan keluarga yang bahagia’, hal tersebut dikatakan Kepala Kemenag Sleman H. Sa’ban Nuroni, MA pada sambutanya selaku ketua pokja DBKS Kabupaten Sleman pada acara tersebut.

Pencanangan DBKS ini selain menciptakan keluarga sakinah, ini juga sebagai cara mengurangi angka perceraian, dengan harapan setelah keluarga tersebut sakinah nantinya akan sampai pada tataraan maslahah, artinya bisa berguna bagi lingungan dan ujungnya DBKS ini akan mewujudkan Islam yang Rahmatan Lil “alamin”

Pelaksanaan DBKS yang sudah memilili payung hukum yaitu Instruksi Gubernur DIY Nomor 10 tahun 1993 selain untuk membentuk keluarga sakinah juga sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan keluarga, kesehatan, kestabilan ekonomi serta membangun hubungan fungsional yang seimbang dengan lingkungan.

Dari hasil binaan ini akan dipilih satu keluarga yang memenuhi kualifikasi kualitas keluarga yang sesuai binaan maju  memakili kelompok DBKS-nya pada lomba pemilihan keluarga sakinah teladan yang setiap tahunya terlaksana dari tingkat Kabupaten Sampai tingkat Nasional. (hp*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *