1178 Calon Haji Kabupaten Sleman Tahun 2019 Ikuti Manasik Masal

Kemenag Sleman (humas) – Lantunan Doa Talbiyah menggema di Masjid Agung Wahidin Sudiro Husodo Sabtu Pagi (25/5) . Pasalnya 1178 Calon Jamaah Haji Kabupaten Sleman diundang dan hadir mengikuti Manasik Masal yang merupakan rangkaian pemberangkatan Ibadah Haji Tahun 1440 H . Manasik masal ini akan terlaksana selama 2 hari Yaitu Sabtu dan Ahad (25-26/5). hal tersebut disampaikan H. Ujang Syihabudin MSI Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Sleman saat memberikan laporan pada pembukaan acara tersebut. ditambahkan juga, setelah manasik ini akan dilaksanakan manasik tingkat kecamatan pada minggu ke 3 bulan juni yang akan dikoordinasikan oleh KUA di masing masing Kecamatan.

Acara manasik masal ini dibuka Kepala Bidang PHU Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Drs. H. Sigit Warsito, MA yang juga hadir sebagai narasumber pada acara tersebut. Kementerian Agama tahun ini menerapkan bimbingan manasik haji berdasarkan kloter murni berbasis wilayah, yang pada tahun tahun sebelumnya penyusunan kloter memperhatikan sebaran jamaah KBIH. “dikarenakan penempatan Jamaah dengan sistem Zonasi maka tidak perlu kawatir KBIH tidak bisa melayani jama’ahnya” jelas Sigit Warsito.

Sesuai dengan materi yang diberikan yaitu Kebijakan Haji Arab Saudi, Sigit menambahkan “bahwa segala keperluan akomodasi jamaah di tanah suci sudah dipersiapkan oleh pemerintah dengan baik, yang harus dilaksanakan jamaah hanyalah fokus menjalankan semua hal yang berkaitan dengan ibadah agar ketika pulang berhaji membawa predikat Mabrur” imbunya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman Drs. H. Sa’ban Nuroni MA yang memberikan materi Kebijakan Haji Dalam Negeri.  layanan dalam negeri itu meliputi layanan penerimaan pendaftaran, pemeriksaaan kesehatan, Pembuatan Paspor, Manasik haji, pemberangkatan sampai pemulangan. “Pemerintah telah sedemikian rupa berupaya memberikan pelayanan yang terbaik yang setiap tahunnya selalu dievaluasi untuk memberikan pelayanan terbaik pada bagi Tamu Allah” punkasnya.

Pada kesempatan itu juga diperkenalkan seluruh petugas TPHI, TPIHI, TKHD dan TPHD yang akan membantu, membimbing dan melayani jama’ah selama pelaksanaan ibadah Haji. (hape)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *