Halal Bi Halal Kemenag Sleman, Kakanwil ; Transformasikan Kesalehan Ritual Pada Kehidupan Keseharian

Kemenag Sleman (humas)-Sudah menjadi tradisi, halal bi halal menjadi ajang silaturahmi setelah sebulan menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Disaat itulah insan insan muslim kembali pada kesucian, berkumpul bersama saling memaafkan. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman (11/6) mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besarnya yang dirangkai dengan Pamitan Calon Haji Pegawai.

Dalam laporanya Ujang Syihabudin mewakili Penyelenggara Bahwa Halal bi halal kali ini juga merupakan Implementasi dari moderasi agama dan kebersamaan umat, mengundang seluruh keluarga Kemenag Sleman dari semua agama dan melibatkanya dalam kepanitiaan acara ini. Ujang menambahkan bahwa pada acara ini diundang Kasi Penyelenggara, Dharma wanita, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Mitra Kemenag, Calon Jamaah Haji dan Seluruh ASN Kemenag Sleman.

Ikrar seluruh pegawai diwakil oleh Abu Hanifah (KUA Pakem) yang sekaligus mewakili Calaon Jamaah Haji yang berasal dari Pegawai Kemenag Sleman. Selain menghaturkan kesalahan baik secara kedinasan juga pribadi, Abu juga mohon pamit dan minta doa restu agar 34 Calhaj pegawai ini bisa menjalankan ibadah haji dengan baik dan lancar.

Kakankemenag Sleman H. Sa’ban Nuroni saat menjawab ikrar dan pamitan haji mengatakan “menjadi tugas kita untuk mengimplementasikan tiga mantra , menjadi perekat di masyarakat dengan menjalankan agama secara moderat “. Kepada Calhaj Pegawai Kakankemenag mendo’akan agar senantiasa mendapat kemudahan. mulai saat ini mempersiapkan diri baik secara fisik dan mental karena memang ibadah haji dituntut fisik yang kuat, imbuhnya.

Menyempurnakan acara ini dihadirkan KH. Henry sutopo dari Pondok Pesantren Krapyak memberikan siraman Rohani bagi ASN.

Sementara itu Kakanwil Drs. H. Edhi Gunawan pada pembinaanya menyampaikan
“Setelah menjalani segala ritual ibadah mengasah kesalehan selama satu bulan, harapan saya bapak ibu bisa mentraformasikan dalam kehidupan keseharian dalam bermasyarakat serta menjadi contoh yang baik bagi masyarakat”.

ASN mempunyai tugas sebagai aparat pemerintah dan tokoh agama, apalagi di keadaan pasca pemilu, agar bisa menuntun masyarakat ke jalan yang lebih baik. Sebagai aparatur pemerintah kita dituntut memberikan layanan sesuai kewenagan kita. Kakanwil juga memberikan apresiasi kepada keluarga kemenag sleman yang menjalankan haji tahun ini. Kepada petugas haji kakanwil berpesan agar memberikan layanan terbaik bagi jamaah haji, pungkas Kakanwil mengakhiri Sambutanya.(hp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *