MTsN 6 Sleman Ukir Prestasi Di Ajang Peneliti Belia Daerah Istimewa Yogyakarta

Kemenag Sleman (MtsN 6 Sleman)- Dalam upaya mewujudkan slogan madrasah: “ Madrasah Hebat Bermartabat” MtsN 6 Sleman memberikan perhatian tersendiri pada bidang sains. Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021 Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sleman kembali menegaskan kiprahnya di dunia penelitian.

Dunia penelitian bagi MTsN 6 Sleman merupakan salah satu bidang kegiatan madrasah yang diminati oleh para siswa. Di berbagai event lomba yang diikuti pada tingkat lokal sampai nasional MTsN 6 Sleman hampir selalu berhasil meraih kejuaraan.

Pada kejuaraan lomba penelitian bagi peneliti Belia yang diselenggarakan oleh CYS (Center For Young Scientists) yang dirilis pada tanggal 31 Agustus 2020 MTsN 6 berhasil mendapatkan 4 (empat) kejuaraan, yaitu: juara 2 pada penelitian bidang Lingkungan (pindahan Ilmu Hayati) dengan judul Penelitian: Pestisida Organik Berbasis Ekstrak Biji Sirsak Sebagai Penanganan Ulat Grayak pada Tanaman Cabai yang Ramah Lingkungan, atas nama Carisa Nasha Sabita dan Tsamarin Hanin Khoirunnisa, juara 2 bidang Geografi Dengan judul penelitian “ Korelasi Banjir Di Sungai Opak, Kembangsongo, Trimulyo, Jetis,Bantul DIY dengan aktivitas Penambang Pasir Oleh Masyarakat Sekitar.” Atas nama Aisyah Fayyazaal Diwani dan Hafsah Laila, juara Harapan 1 pada penelitian bidang fisika dengan judul Penelitian Smart Electric Sensor (SES) Berbasis IOT sebagai Moniitoring dan Meningkatkan Efektifitas Penggunaan Listrik atas nama RA. Luthfia Hapsari Kusumowardhani dan Dianisa Khoirul Khikmah.

Sementara itu pada bidang sosiologi siswa – siswa MTsN 6 sleman berhasil pula meraih juara Harapan 2 dengan judul Penelitian: “ Pengaruh Work From Home Terhadap Gaya Konsumtif dalam Belanja Online dan Penggunaan Kuota Pelajar MTsN 6 Sleman saat Pandemi Covid 19”, atas nama Nashwa Aurora Pradipta dan Senia Mutia Zahra Zain Arinanda.

“ Seorang muslim sejati, sudah semestinya mencintai dunia penelitian karena pada silih bergantinya siang dan malam terdapat tanda-tanda kebesaran Allah SWT. bagi orang-orang yang menggunakan akalnya” kata Harsoyo Kepala MTsN 6 Sleman pada saat memberikan motivasi kepada para siswa saat akan mengikuti lomba penelitian.

Disampaikan Waka Kesiswaan Soklis Etnadi, bahwa minat para siswa untuk mengikuti program sains yang digagas madrasah termasuk bidang kegiatan yang diminati oleh para siswa. “ Pada saat penjaringan peminatan banyak anak-anak yang tertarik untuk mengikuti program kelas sains, bahkan kami seringkali merasa kewalahan menampung aspirasi anak-anak.” ungkapnya.(tj/hp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *