Calon Jama’ah Haji Sleman Ikuti Pembinaan

Kemenag Sleman (humas)-Sejumlah 1101 calon jama’ah Haji Kabupaten Sleman akan mengikuti Sosialisasi Regulasi Haji dan Pembinaan Mental Jama’ah Haji Estimasi Berangkat Tahun 2021. Calhaj ini adalah jama’ah yang semestinya melaksanakan ibadah haji tahun ini, namun tertunda karena adanya pandemi covid 19. Dijadwalkan kegiatan ini akan berlangsung 22 angkatan dari tanggal 7 – 23 Oktober 2020 dengan peserta setiap angkatanya adalah 50 calon haji seperti rekomendasi Gugus Tugas Cegah Covid 19 Kemenag Sleman.

Dihadapan peserta angkatan pertama, Rabu (7/10/2020) Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh H. Sugito menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan bagi jama’ah haji sehingga dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Ditambahkan Sugito yang juga mewakili Kepala Kantor Kemenag Sleman, “kegiatan ini juga untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan dalam penyelenggaraan ibadah haji”, Imbuhnya.

Untuk lebih memantabkan Jama’ah, pada kegiatan ini juga diberikan penjelasan tentang regulasi haji yang didalamnya memuat bagaimana fase layanan baik pra keberangkatan, layanan embarkasi dan layanan selama di Arab saudi sampai dengan layanan pemulangan.

Pelayanan Penyelenggaraan ibadah haji yang menjelaskan bagaimana perlindungan jama’ah, pelayanan konsumsi, pelayanan akomodasi, transportasi, pembinaan selama ibadah dan juga pelayanan Kesehatan menjadi bagian yang dijelaskan.

Pada kesempatan tersebut juga dihadirkan narasumber dr. Vika dan dr. Dany yang juga merupakan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) memberikan materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tentang bagaimana kebugaran calon haji di masa pendemi covid 19 dan kebiasaan baru. (hp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *