Di Tengah Situasi Pandemi Covid 19 MTsN 6 Lakukan PKKM

Kemenag Sleman (MTsN 6 Sleman) – Setelah beberapa kali sempat tertunda karena beberapa hal, akhirnya Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM)-MTsN 6 Sleman dapat terlaksana dengan baik sekitar pukul 13.00 WIB di aula asrama putri MTsN 6 Sleman Rabu, (23/12/2020). PKKM yang merupakan kegiatan tahunan dan empat tahunan ini dilaksanakan mengacu pada Surat keputusan Dirjen Pendis Kementerian Agama Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah sebagai bentuk implementasi PMA Nomor 24 Tahun 2018 tentang Kepala Madrasah. Regulasi ini menjadikan PKKM sebagai salah satu kegiatan yang dipersyaratkan pada setiap Kepala Madrasah.

Tim penilai yang melaksanakan penilaian PKKM ini adalah Dra. Hj. Charisatuniswah, M.Pd dan H. Harjaka, S.Pd., M.Pd.I. Sebelum acara penilaian dimulai, diadakan acara penyambutan tim penilai dan pembukaan kegiatan PKKM. Hadir pula dalam kegiatan ini empat Wakil Kepala Madrasah, staf waka dan beberapa guru dan karyawan MTsN 6 Sleman. Dalam sambutannya kepala MTsN 6 Sleman Harsoyo, S.Pd memaparkan bahwa kegiatan ini tetap dipersiapkan dengan matang oleh Tim MTsN 6 Sleman walaupun pada dasarnya semua dokumen yang dipersyaratkan ada dan benar-benar dilaksanakan. “Hasil dari penilaian ini akan kami jadikan sarana evaluasi diri, patokan dan pijakan agar ke depan MTsN 6 Sleman menjadi lebih baik lagi,” kata Harsoyo bersahaja.

Dra. Hj. Charisatuniswah, M.Pd dalam sambutannya menjelaskan bahwa PKKM ini sebagai sarana untuk mengetahui dinamika pendidikan di bawah kepemimpinan Kepala Madrasah yang hasilnya diharapkan berdampak pada efisiensi dan efektifitas kinerja Kepala Madrasah. “Secara khusus, dengan PKKM Kepala Madrasah dapat mengetahui nilai kinerjanya dalam melaksanakan tugas sebagai Kepala Madrasah. Hasil PKKM ini diharapkan digunakan untuk meningkatkan keprofesiannya secara mandiri maupun melalui sistem pembinaan,” jelas Charisatuniswah, pengawas senior Kemenag Sleman.

Kelengkapan data-data dan bukti fisik yang disiapkan Tim MTsN 6 Sleman membuat kegiatan PKKM ini berjalan lancar dan cepat. Para Wakil Kepala dan staff dengan sigap menyediakan data dan bukti fisik yang diperlukan saat itu. Program SKS (Sistem Kredit Semester) yang dimulai diterpakan pada siswa kelas 7 menjadi program unggulan yang menarik perhatian Tim penilai karena MTsN 6 Sleman merupakan salah satu madrasah yang dijadikan pilot project program tersebut. Selain itu, tim penilai juga memuji prestasi akademik yang diraih siswa MTsN 6 Sleman dalam Penilaian Akhir Semester yang cenderung mengalami peningkatan secara signifikan.

Secara keseluruhan kegiatan PKKM di MTsN 6 Sleman berjalan dengan lancar. Dalam sambutan penutup H. Harjaka, S.Pd., M.Pd.I. mengungkapkan kepuasannya melaksanakan PKKM di MTsN 6 Sleman walaupun ada beberapa hal yang harus dibenahi dan ditingkatkan oleh Kepala Madrasah. “Tidak ada hal yang sempurna di dunia ini. Jadikan kekurangan ini merupakan hal yang manusiawi yang dapat digunakan sebagai pemacu diri untuk menjadi lebih baik,” kata Harjaka berpesan. Semoga MTsN 6 Sleman mendapat nilai terbaik dalam PKKM tahun 2020.(stj/hp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *