Hari Peduli Sampah Nasional : MTsN 1 Sleman Manfaatkan Limbah Daun

Kemenag Sleman (MTsN 1 Sleman) – MTsN 1 Sleman merupakan madrasah yang cukup rindang dengan berbagai jenis tumbuhan/pohon yang ada di lingkungan madrasah. Selain menghasilkan buah, tumbuhan /pohon yang tumbuh menghasilkan banyak sampah organic ( daun, rumput, dan lain-lain) yang harus dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga tidak mengotori lingkungan madrasah.

Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional dan sebagai Sekolah Adiwiyata, MTsN 1 Sleman memanfaatkan sampah organik untuk di olah menjadi kompos. Pembuatan kompos dilakukan di halaman madrasah, Senin (22/2/2021). Pembuatan pupuk kompos selama masa pandemi dikelola oleh pokja (kelompok kerja) kompos. Menurut Staff Wakil Kepala Bidang Sarana Prasarana, Budi Waluyo, setiap harinya, limbah daun yang ada di madrasah cukup banyak , hal ini jika dibiarkan akan menyumbat saluran air, mengotori lingkungan, dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

“ Guna mengatasi permasalahan sampah organic tersebut, setiap hari sampah dikumpulkan, dan setiap 2 hari sekali dilakukan pencacahan. Hasil cacahan dikumpulkan di tempat sampah komunal , kemudian dicampur dengan berbagai bahan lain untuk dijadikan kompos,” jelas Budi.

Menurut Kepala MTsN 1 Sleman, Imam Syamroni,dengan kegiatan pembuatan sampah organic tersebut, diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa maupun masyarakat, madrasah bisa melakukan swasembada pupuk kompos guna mencukupi kebutuhan pupuk kompos yang ada di madrasah, dan sebagai sarana untuk wirausaha. (rmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *