MTsN 5 Gunung Kidul Pelajari Pengelolaan Riset di MTsN 6 Sleman

Kemenag Sleman (MTsN 6 Sleman)-Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sleman menerima kunjungan MTsN 5 Gunung Kidul dalam rangka studi tiru pada bidang riset. Bersama dengan 25 guru dan pegawai rombongan MTsN 5 Gunung Kidul sampai di MTsN 6 Sleman.

Disambut oleh Harsoyo,S.Pd selaku Kepala Madrasah bersama dengan para staff. (20/2/2021). “Kami ucapkan selamat datang, kepada seluruh rombongan MTsN 5 Gunung Kidul di MTsN 6 Sleman, mohon maaf apabila ada kekurangan dalam menyambut kehadirannya.” sambut Harsoyo mengawali kata sambutannya.

Edy Mustajab, MA Kepala MTsN 5 Gunung Kidul mengungkapkan bahwa kehadirannya beserta dengan rombongan dimaksudkan untuk melihat dari dekat program riset yang di jalankan di MTsN 6 Sleman. ” Gelar MTsN 6 Sleman sebagai madrasah riset pada tingkat nasional telah menarik perhatian teman-teman di MTsN 5  Gunung Kidul untuk melakukan studi tiru terkait pengelolaan riset secara praktis” ungkap Edy Mustajab.

Perjalanan riset di MTsN 6 Sleman embrionya berawal dari keikutsertaan pada lomba riset di MAN 1 Yogyakarta dan meraih juara pertama untuk tingkat MTs dan SMP untuk tingkat D.I. Yogyakarta pada tahun 2016. ” Berdasarkan hasil yang diraih pada kejuaraan riset di MAN 1 tersebut maka dipandang perlu untuk mengembangkan program riset”, kata Saptini sebagai guru yang dipercaya untuk mengelola program riset saat itu.

Suwardi selaku waka kurikulum mengatakan bahwa melihat potensi peserta didik maka madrasah memutuskan untuk membuka satu kelas riset dengan jumlah 40 peserta pada tahun ajaran 2016/2017. Prestasi peserta didik semakin menunjukkan prestasinya ditandai dengan keberhasilannya mengikuti lomba di LIPI.

Dalam upaya memaksimalkan program riset di madrasah sebagaimana diungkapkan Harsoyo, madrasah menggandeng beberapa perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta. ” Hingga saat ini program riset telah banyak menyumbangkan piala di tingkat regional maupun nasional.” tegas Harsoyo. (Trj/hp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *