MAN 4 Sleman Berikan Webinar Motivasi untuk SMP N 2 Moyudan

Kemenag Sleman (MAN 4 Sleman)-Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) merupakan bagian proses pembelajaran di sekolah dan untuk tingkat SMP berlangsung Senin – Kamis (5-8/4/2021). Oleh karena itu, setiap siswa harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, baik siap secara mental materi maupun strategi. “Kesungguhan disertai dengan ketekunan dalam belajar harus dilakukan untuk meraih hasil terbaik. Sesudah berupaya maksimal, jangan lupa untuk berdoá mendekatkan diri pasrah kepada Alloh SWT. Bersungguh-sungguhlah terutama dalam menghadapi ASPD, karena nilai terbaik untuk memasuki sekolah atau madrasah pilihan,” terang Drs Parjana Guru Bimbingan Konseling (BK) mewakili kepala SMP Negeri 2 Moyudan saat memberikan sambutan Webinar Motivasi untuk siswa-siswi sekolah tersebut Sabtu (3/4/2021) terpantau dari studio Manesa Cinema.

“ASPD tahun ini adalah yang pertama kali dan hanya di DIY. Banyak persiapan sudah dilakukan sekolah, seperti pendalaman materi, pendampingan hingga simulasi. Pesan kami dalam menghadapi jangan takut, jangan was-was, jangan merasa terbebani. Dengan kondisi tenang sabar tekun, Anda bisa mengerjakan. ASPD memang tidak menentukan kelulusan tetapi pemetaan mutu pendidikan DIY dan untuk mendaftar ke jenjang lebih tinggi,” lanjut Parjana saat membuka Webinar dengan tema Gaya Belajarku dan Sukses ASPD. Kegiatan yang dipandu Eka Anisa,M.Ikom presenter ADiTV dengan menghadirkan motivator Nur Wahyudin Al-Azis,M.Pd dan Coach Rachiem,MA merupakan hasil kerja sama antara SMP Negeri 2 Moyudan dengan MAN 4 Sleman.

Aziz menuturkan teori amazon, sebuah pohon yang lebih tinggi satu centimeter bisa mengkerdilkan yang lain. Maka mumpung yang lain rendah motivasi belajar, tingkatkan sedikit saja akan memiliki prestasi lebih tinggi dari yang lain. Itu semua bisa memantik prestasi dan memiliki daya ungkit motivasi. “Begitu anda yakin, 50 persen sudah bisa Anda lalui. Orang akan sampai pada tujuannnya kalau ia menentukan tujuan secara detail. Perlu menentukan berapa nilai tiap mata pelajaran dalam ASPD dengan menulisakannya detail. Tentukan target hari ini, tulislah target sebagai afirmasi positif,” beber Azis, sesudah itu tentukan cara untuk meraihnya dan semua dilakukan secara konsisten. Hal tak kalah penting yaitu mengenal gaya belajar apakah visual, kinesthetic ataukah auditory yang masing-masing secara gamblang dijelaskan oleh Azis bersama Coach Rachiem,MA. Maka mencermati hasil mapping (pemetakan) gaya belajar itu penting, lanjutnya.

Sebagai seorang anak pesannya, setiap siswa harus hormat patuh menghargai menghormati serta berbakti kepada orang tua dan guru. “Mintalah maaf pada orang tua, meminta doa restu dan ridho dari kedua orang tua. Para personil grup band Wali yang oleh orang tuanya diminta untuk belajar di pesentren, tetapi malah bermusik dan membuat album. Album mereka awalnya tak berhasil karena tak ada ridha orang tua, namun setelah mendapat ridho dan restu orang tua, album Wali sukses luar biasa,” tandas Azis memberi contoh. Eka Anisa selaku presenter menegaskan bahwa webinar motivasi dengan dialogis digelar melalui google meet, zoom meeting dan live streaming youtube di (17) SEMINAR MOTIVASI SMP N 2 MOYUDAN // SUPPORTED BY MAN 4 SLEMAN – YouTube “Bagi adik-adik yang berhalangan mengikuti secara langsung tetap bisa mengikuti acara melalui YouTube MAN 4 Sleman Official,” papar alumnus madrasah, mantan Diajeng DIY tahun 2017 yang kini menjadi dosen itu. Menurutnya, dari live streaming yoututbe terpantau 476 viewers. (Eds/KIM Moyudan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *