Sambut Ramadhan 1442 Hijriah MTsN 8 Sleman Gelar Pengajian

Foto dokumen MTsN 8 Sleman


Kemenag Sleman (MTsN 8 Sleman) – Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan1442 Hijriah, MTsN 8 Sleman melaksanakan kegiatan pengajian dan doa bersama,Sabtu (03/04/2021) di Masjid Nurul Ummah yang berada di komplek madrasah.

Kepala MTsN 8 Sleman, Jazim Kholis, S.Ag. dalam sambutannya menyampaikan pentingnya hamasah atau semangat dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. “Meskipun dalam kondisi yang terbatas akibat pandemi, kita tetap harus semangat dalam menyambut datangnya Ramadhan,” ujarnya.

Pada acara inti, tausiyah diisi oleh Ustadz Riyan Ibnu Rosyad atau yang akrab dipanggil A Iyan, mubaligh muda yang telah sering mengisi kajian – kajian di madrasah maupun masyarakat umum. Dirinya juga pengampu mapel Tahfidz di MTsN 8 Sleman.

Dalam pemaparannya, A Iyan mengatakan bergembira menyambut Ramadhan merupakan salah satu wujud keimanan, dan sudah seharusnya setiap muslim bersuka cita dengan datangnya bulan penuh ampunan tersebut. Dirinya mengutip dalam Al-Qur’an surat Yunus ayat 58 serta HR. Ahmad dalam Al-Musnad (2/385).

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan persiapan yang dapat dilakukan kaum muslim sebagai modal dalam menjalankan ibadah di bulan puasa antara lain dengan do’a, luruskan niat, taubat nasuha, bersihkan hati dan mereview fiqih puasa.

Di akhir tausiyahnya, A Iyan menjelaskan dalam sebuah hadis diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, Nabi Muhammad SAW bersada : Aljannatu Musytaqotun Ila Arba’ati Nafarin, Taalil Qur’an, Wa Haafidzii lisan, Wa Muth’mimul Jii’an Wa Shooimiina Fi Syahri Romadhon yang artinya surga itu merindukan empat golongan manusia, yaitu orang yang gemar membaca Al-Qur’an, orang yang memelihara lisan dari ucapan keji dan munkar, orang yang memberi makan kepada orang yang kelaparan, dan orang-orang yang berpuasa di bulan ramadan.(imm)

#Tetap Sehat dan Semangat
#LawanCovid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *