IPHI Sleman Selenggarakan Rakerda-2 Tahun 2021

Sleman (Kankemenag Sleman) – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Sleman diselenggarakan dengan prokes pada Sabtu (27/11/2021) bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Sleman Jl. Parasmya Beran Tridadi Sleman.

Peserta terdiri Pengurus Daerah dan Ketua Cabang  IPHI Kapanewon se-Kabupaten Sleman sekitar 100 orang. Hadir dalam acara pembukaan Rakerda adalah Staf Ahli Pemerintahan dan Hukum Jazim Sumirat, SH, M.Si mewakili Bupati Sleman, Kabag Kesra Setda Sleman Mustadi, S.Sos, MM, PW IPHI DIY Drs.H.Parwoto, MM serta turut hadir dari Kementerian Agama Kabupaten Sleman Drs. H. Tulus Dumadi, MA.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sleman menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Rakerda ke-2 IPHI Kabupaten Sleman. Dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Pemerintahan dan Hukum Jazim Sumirat, SH, M.Si, Bupati memberikan apresiasi dan menyambut gembira pelaksanaan rakerda ke-2 IPHI Sleman ini. “Hal ini merupakan bukti nyata dinamisnya IPHI sebagai sebuah organisasi, imbuhnya,” ucapnya.

Bupati menaruh harapan besar agar IPHI Sleman mampu memberikan manfaat secara nyata bagi internal anggotanya dan eksternal masyarakat. Keberadaan IPHI harus mampu menjadi problem solver atas berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat terlebih lagi memberikan kontribusi dalam penanggulangan pandemi COVID1-19 saat ini.

Mengakhiri sambutannya, Bupati menghimbau IPHI Kabupaten Sleman untuk memotivasi angotanya agar ikut berpartisipasi aktif dan mengambil bagian dalam upaya memelihara dan melestarikan nilai-nilai kemabruran haji.

Sebelumnya, Ketua umum IPHI Sleman H. Noor Hamid menyampaikan laporannya. Noor Hamid menyebut Rakerda ke-2 kali  ini merupakan forum silaturrahim dan musyawarah pengurus di tingkat Kabupaten untuk mengevaluasi program dan kegiatan tahun 2021 dan menyusun program kegiatan tahun 2022. Ia berharap kepada para peserta agar mengikuti rakerda ini sampai selesai. “Dan memanfaatkan waktu seefisien mungkin guna menggali permasalahan di daerah dan cabang  serta mencari solusi strategis untuk dituangkan dalam program dan kegiatan yang implementatif,” paparnya.

Sementara itu H. Parwoto mewakili PW IPHI DIY dalam sambutannya berpesan agar dalam menyusun program bukan berdasarkan keinginan tetapi berdasarkan kebutuhan. “Manfaatnya benar-benar dirasakan oleh anggota dan masyarakat dalam rangka mewujudkan visi dan misi IPHI menjaga dan melestarikan kemambruran haji,” tandasnya.

Rakerda ditutup dengan do’a oleh Kemenag Kab. Sleman yang diwakili Kasubbag TU Drs. H. Tulus Dumadi, MA dan dilanjutkan dengan kunjungan stand produk Koperasi IPHI Sleman. (phu/tnf)