Kakan: Moderasi Beragama Harus Diaplikasikan

Sleman (Kankemenag Sleman) – Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman menyelenggarakan Evaluasi Kegiatan Seksi PAIS dan Penguatan Moderasi Beragama Pengawas serta Guru Pendidikan Agama Islam Semester II Tahun Anggaran 2021, Senin (29/11/2021) di Aula lantai III Kemenag Sleman.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman H. Sidik Pramono, S.Ag, M.Si didampingi Kasi PAIS Achmad Fauzi, S.Ag, M.S.I hadir memberikan sambutan sekaligus arahan dalam kegiatan yang melibatkan 30 peserta dari unsur pengawas PAI, GPAI Pengurus FKG, KKG, MGMP se-Kabupaten Sleman.

Menurutnya, ada empat indikator untuk mengetahui apakah seseorang memiliki pandangan Islam yang moderat. “Diantaranya, memiliki komitmen kebangsaan, anti kekerasan, apresiasi terhadap tradisi, dan toleransi terhadap perbedaan yang ada,” jelasnya.

Lebih lanjut Kakan menegaskan bahwa moderasi beragama di sekolah tidak hanya sebagai pengetahuan saja. “Tetapi harus diaplikasikan kepada semua PPAI, GPAI dalam kegiatan tugas pokok dan fungsinya,” tegasnya. Termasuk siswa tentang prinsip-prinsip tawasuth, tawazun, tasamuh, dan taadul. (tnf)