42 Layanan “Bermutu” PTSP Kemenag Sleman Diresmikan

Sleman (Kemenag Sleman) – Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 Kementerian Agama RI Tahun 2018 di Kemenag Sleman juga merupakan saat yang special, karena pada Rabu (3/1) Kantor Kemenag Kabupaten Sleman setelah menyelesaikan rangkaian HAB ke 72, Kemenag Sleman juga meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita dilaksanakan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Daerah Istimewa Yogyakarta, Drs H Muhammad Lutfi Hamid M Ag yang didampingi Bupati Sleman H. Sri Purnomo beserta Kepala Kemenag Sleman Drs H Sa’ban Nuroni MA. Menandai diresmikanya PTSP Kemenag Sleman.

H. Sa’ban Nuroni menjelaskan bahwa PTSP ini adalah sebuah reformasi birokrasi dalam bidang pelayanan. ”Bertepatan rangkaian acara hari amal bakti ke-72 Kementerian Agama, kita persembahkan PTSP untuk masyarakat Sleman, sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Sekaligus melaksanakan instruksi Menteri Agama dan Kepala Kanwil kemenag DIY. Bahwa reformasi tidak boleh surut,” tandasnya. Pak Sa’ban menambahkan bahwa PTSP merupakan bentuk pelayanan “BERMUTU” yang merupakan penjabaran dari bersih, mudah dan tuntas, sehingga diharapkan dapat menghasilkan layanan prima dengan menerapkan standar operasional prosedur dengan jangka waktu pelayanan yang jelas dan terukur dengan tanpa dipungut biaya, bahkan kami sediakan seguhan snack dan kopi yang bisa dinikmati ketika menunggu layanan kami.

Sementara itu Bupati Sleman Sri Purnomo pada sambutanya pada acara tersebut mengungkapkan apresiasi dan terimakasih atas keberadaan PTSP di Kemenag Sleman “bahwa masyarakat Sleman bisa mendapatkan pelayanan yang cepat, bersih, mudah dan tuntas serta terukur” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kantor Wilayah Kemenag DIY, Drs. H. Muhammad Lutfi Hamid, M.Ag. berharap seluruh Kemenag Kabupaten/Kota dapat menerapkan pola layanan satu pintu ini. inovasi ini diluncurkan untuk memenuhi harapan masyarakat agar layanan lebih cepat, transparan dan akuntabel di era globalisasi dan digitalisasi. ”Ini akan terus kita kembangkan, kedepan Kanwil Kementerian Agama akan mendorong tumbuhnya budaya kerja berbasis digital melalui e- governmen atau pemerintahan berbasis elektronik, kita sesuaikan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang melalui inovasi-inovasi baru,”terangnya.

Dengan adanya PTSP diharapkan layanan akan lebih terintegrasi, profesional, terukur dan cepat dengan 42 macam layanan di PTSP Kemenag Sleman. (pur)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.