Dihadiri Ribuan Santri Bupati Sleman Menjadi Inspektur Upacara HSN 2017

Sleman – Kemerdekaan Indonesia memang tidak lepas dari para santri dan ulama, karena memang tak hanya tentara yang berperang melawan penjajah, tercatat banyak ulama dan santri yang ikut berperang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia. oleh karena itu pemerintah memutuskan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2015 sebagai Hari Santri Nasional. Mengapa diperingati setiap tanggal 22 Oktober, karena tanggal itu di tahun 1945 merupakan hari dimana disepakatinya resolusi jihad yaitu seruan ulama dan santri kepada setiap muslim di Indonesia  untuk membela tanah air dan mempertahankan NKRI.

Sekitar 13.000 santri yang berasal dari 141 Pondok pesantren dan juga dari berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Sleman Ahad (22/10) memedati lapangan Pemda Sleman untuk mengikuti Upacara Peringatan Haris Santri Nasional tahun 2017. Bertindak menjadi Inspektur Upacara Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.SI., dalam amanatnya bupati menyampaikan harapanya “dengan Tema Santri Mandiri Santri Hebat tidak hanya sebatas sebagai jargon saja, namun para santri harus bisa memberikan kontribusi terhadap pembagunan, lebih berperan dimasyarakat serta bisa meberikan contoh kemajuan dan kemandirian di segala bidang serta  sebagai pemersatu bangsa” jelas Pak Sri.

Sementara itu pada kesempatan terpisah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman Drs. H. Sa’ban Nuroni, MA mengucapkan “Selamat Hari Santri 2017 dan dengah HSN ini merupakan pengakuan negara atas peran dan jasa para santri dalam perjuangan, mempertahankan dan mejaga negara, tantangan kedepan semakin berat, agar para santri selain cerdas juga menjadi generasi yang Tafaqah ffiddin, berahklaq karimah, moderat serta menjauhkan diri dari faham radikalismen atas nama agama” harap pak Sa’ban.

Nampak setelah selesai upacara peserta upacara melakukan kirab dengan kostum serta iringan music untuk dinilai panitia menuju ke GOR pangukan Sleman yang disana merupakan tempat kegiatan puncak HSN 2017 Kabupaten Sleman atas kerjasama Kemenag Sleman, Pemda Sleman dan PCNU Kabupaten Sleman. (pur)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.