MTQ Pelajar : Baca Pahami dan Terapkan Dalam Keseharian

Sleman (Humas) – Al Qur’an merupakan Kitab suci umat Islam yang menjadi pedoman hidup umat manusia yang berisikan wahyu Allah SWT dan diturunkan kepada Rasulullah SAW serta menjadi petunjuk kepada jalan kebaikan dan kebenaran. Mebaca memahami dan mengamalkanya merupakan keharusan bagi setiap muslim. Penanaman sejak dini tentang hal tersebut pada anak akan mendasari anak pada setiap gerak dan langkahnya dalam meniti kehidupan.

Musabaqoh Tilawati Qur’an (MTQ) pelajar Sekolah umum SD, SMP, SMA dan SMK merupakan wadah bagi siswa untuk menunjukan kemampuan setelah mengikuti pendidikan agama Islam disekolah masing masing. Gelaran MTQ Pelajar Sekolah Umum Kabupaten Sleman tahun 2017 ini dilaksanakan di SMPN 2 Kalasan Selasa (26/09). Laporan Panitia saat pembukaan acara tersebut yang disampaikan Plt. Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Sleman Halim Sutono menyampaikan bahwa “ MTQ ini diadakan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas keimanan siswa juga merupakan wahana untuk siswa berkompetisi di bidang Agama Islam” tegas Halim.

Dalam sambutanya Bupati Sleman yang dibacakan oleh Wakil Bupati Sleman Hj. Sri Muslimatun  berharap “tidak hanya membaca saja, tetapi memahami dan menerapkan ajaran Al Qur’an dalam kehidupan sehari hari”. Al Quran sebagai wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang menjadi pedoman bagi setiap umat manusia sebagai pedoman hidup guna menunjukkan kepada jalan kebaikan dan kebenaran, mengingatkan manusia agar berpegang teguh pada Al Quran untuk selamat di Dunia dan Akhirat. Jika suatu buku memiliki suatu nilai manfaat dari setiap isinya, maka Al-quran banyak memiliki manfaat dan menjadi tuntunan hidup atau pegangan manusia dalam hidup didunia.

Sementara itu bertindak sebagai pengambil sumpah Dewan Hakim MTQ Pelajar Tahun 2017 Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Sleman Drs. H. Sa’ban Nuroni, MA. MTQ tingkat Kabupaten Sleman tahun ini mengambil tema, melalui MTQ Pelajar Sekolah Umum kita wujudkan Generasi Indonesia yang berahklaq mulia, cerdas, kompetitif, cakap, kreatif dan bertanggung jawab diikuti oleh utusan dari 17 Kecamatan. Macam cabang yang dilombakan antara lain : MTtQ Putra-Putri, Khutbah Jumat, Seni Lukis Keagamaan Putra-Putri, Kaligrafi Putra-Putri, MSQ, CCA, Pidato, MTQ, MHQ, Azan, Nasyid dan Lomba Masjid dan Musholla Sekolah. [Pur]

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.