Launching 9 Program Unggulan Madrasah & Latihan Manasik Haji

           

Sleman-(MTsN 9 Sleman). Di tengah era keterbukaan teknologi informasi seperti sekarang memberikan bekal iman sejak dini amatlah penting, dimana salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan latihan manasik haji. Melalui kegiatan itu kita dapat memberikan pemahaman  kepada siswa bahwa melaksanakan ibadah haji berarti kita menjadi tamu Allah dengan datang ke rumah-Nya yaitu Baitullah. Dan ketika menghadap Allah maka di hadapan-Nya semua kedudukan manusia adalah sama, yang membedakan adalah derajat ketaqwaannya yang disimbolkan dengan pakaian ihram.

Terkait latihan manasik haji khususnya di wilayah Depok timur sebenarnya hampir semua madrasah telah menjadikannya sebagai salah satu agenda wajib kegiatan keagamaan siswa. Hanya saja selama ini masing-masing madrasah masih melaksanakannya secara mandiri, oleh karena itu menyikapi hal tersebut dengan difasilitasi KanKemenag Kabupaten Sleman, di bawah Koodinator Kasie Dikmad, MTsN 9 Sleman membangun Sinergi dengan menginisasi kegiatan manasik tersebut secara Terkoordinir/Gabungan, dan alhamdulillah dengan diikuti beberapa RA, MI, MTs dan MA kegiatan manasik tersebut telah berjalan lancar pada hari Sabtu (25/8) dari pukul 07.00 – 10.00 WIB, dengan Koordinator Lapangan SMK Diponegoro, dimana kegiatan latihan manasik dipusatkan di Lapangan Kradenan Sembego Maguwoharjo Depok.

Selanjutnya dengan tema ‘Madrasah membangun Karakter siswa melalui Latihan Manasik haji’ serta  memanfaatkan momentum peringatan Idul Adha 1439 H, MTsN 9 Sleman me-launching kegiatan tersebut beserta 9 program unggulan madrasah lainnya seperti : madrasah Adiwiyata, madrasah Literasi, madrasah Tahfiz, Ramah Madrasah, madrasah Siaga Bencana, madrasah Berkreasi, madrasah Kecil Menanam Besar memanen, madrasah Peduli Budaya serta madrasah Multi bahasa. Launching dilakukan oleh  Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, S.Pd pada hari Sabtu (25/8) pukul 10.00–11.00 WIB, seusai siswa kelas VIII mengikuti latihan manasik tersebut.

Dalam Launching tersebut hadir pula tamu Undangan seperti Kepala  KanKemenag Kab Sleman beserta jajarannya, Kepala KUA Kecamatan Depok, KAPOLSEK Depok timur, DANRAMIL Depok, Kepala Desa Maguwoharjo, Pengurus KOMITE serta Orang Tua/Wali siswa kelas VIII. Dan untuk memeriahkan acara pada kesempatan itu ditampilkan pula kreasi dan potensi siswa mulai dari Tahfiz, hadroh, Taekwondo hingga seni tari. (mazjoz/EB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *