Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, MAN 5 Sleman Gandeng Paswaslu

Pelajar MAN 5 Sleman mengikuti kegiatan sosialisasi pemilu untuk pemilih pemula yang berlangsung di Alua madrasah setempat, Senin (11/3). Kegiatan ini bekerja sama dengan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Paswaslu) Kecamatan Tempel. Sosialisasi ini mengambil tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu”. Hadir sebagai nara sumber Utma Masniya Saniya, S.Pd.I, Eko Purnomo dan Imam Nayoko selaku Komisioner  Panwascam Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman dengan materi pendidikan politik bagi pemilih pemula.

Ditemui seuasi sosialiasi, Utma Masniyati Saniya selaku Ketua Panwascam Tempel mengatakan, sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula yang mayoritas adalah kalangan pelajar sangat diperlukan agar mereka menggunakan hak suara secara tepat dan berkualitas. “Mereka perlu didorong untuk antusias datang ke tempat pemungutan suara guna memilih partai politik atau calon-calon pemimpin sesuai dengan aspirasinya, tidak golput atau tidak memberikan suara pada pemilu dan termakan ajakan politik uang,” terang Saniya yang juga berprofesi sebagai seorang guru.

Melalui sosialisasi ini, lanjut Saniya kami ingin mendapat masukan sekaligus menyebarkan informasi pemilu 2019 yang untuk pertama kalinya dilaksanakan pemungutan suara pemilihan legislatif serentak dengan pemilihan presiden yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 kepada kalangan pelajar yang sebagian besar merupakan pemilih pemula. Harapannya dengan sosialisasi ini angka partisipasi pemilih pemula pada pelaksanaan pemilu mendatang bisa meningkat.

Waka Kesiswaan Mardiyanti, S.Pd mewakili Kapala MAN 5 Sleman Drs. Aris Fu’ad dalam sambutannya menyampaikan tujuan sosialisasi ini agar siswa yang termasuk kategori pemilih pemula bisa menjadi pemilih yang cerdas, yaitu memilih berdasarkan pertimbangan yang rasional dan dapat dipertanggungjawabkan. “Siswa sebagai pemilih pemula juga perlu diperkenalkan dengan nilai-nilai demokrasi di balik proses pemilu. Artinya, antusias untuk memilih saja tidak cukup jika antusiasme untuk memilih ini tidak diimbangi dengan pengetahuan dan kesadaran untuk menggunakan hak pilih secara tepat dan berintegritas,” ujarnnya

Para siswa sangat  antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini karena  diisi dengan dialog interaktif antara Panwascam dengan para siswa. Di akhir acara ini juga dilaksanakannya Ikrar “cerdas memilih, tolak politik uang dan anti golput” oleh  siswa-siswi MAN 5 Sleman serta penyerahan piagam kerjasama antara Panwaslu Kecamatan Tempel dengan MAN 5 Sleman. (tmr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *