Peduli Bencana Magelang Kakankemenag Sleman Terjunkan Relawan

Magelang (Grabag) – Rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis itulah bencana. Sabtu (29/04) Banjir bandang melanda Dusun Nipis, Desa Sambungrejo, Kecamatan Grabag, Magelang. Kejadian yang dimulai dengan hujan deras ini membuat wilayah tersebut menjadi porak poranda karena meluapnya aliran sungai dengan membawa material yang menyapu rumah dan membawa korban jiwa.

Hal tersebut menggugah kepedulian Drs. H. Zainal Abidin, M.Pd.I. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman segera membentuk tim untuk diterjunakan ke lokasi bencana. Selanjutnya digalang bantuan berupa uang dan barang untuk dikirim ke lokasi bencana. Kamis (04/05) ditugaskan  Relawan dari Kementerian Agama Kabupaten Sleman. 50 relawan yang terdiri dari penyuluh agama Islam, Penghulu juga pegawai Kemenag Kabupaten Sleman. Relawan di dipimpin H. Riyanto, M.Pd.I. Ka. Penyelenggara Syariah yang juga Anggota Basarnas meluncur menuju Kecamatan Grabag.

Tidak langsung menuju lokasi namun rombongan relawan terlebih dahulu disambut oleh Kepala Kemenag Magelang di KUA Kecamatan Grabag, Kankemenag magelang yang diwakili Kasi PD Pontren Kemenag Magelang H. Agus Syafii, S.Ag. menyampaikan terimaksih atas kepedulian dan bantuan dari Kemenag Sleman.

Selanjutnya rombongan Relawan dipandu menuju ke Desa Seloprojo yang juga mengalami bencana namun tidak separah wilayah Desa sambungrejo. Bantuan diserahkan langsung oleh tim relawan dan diterima langsung oleh Kepala Desa Seloprojo H. Nurdi. Selanjutnya relawan dihadapkan pada bongkahan batu, tanah yang menghalangi jalan dan langsung dibersihkan oleh relawan dari kemenag Sleman. Namun karena cuaca segera beralih ke hujan, bersamaan juga selesai pembersihan, dikawatirkan terjadi bencana susulan maka pembersihan diberhentikan dan segera pamit untuk kembali ke Kantor Kemenag Sleman.(hen)

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.