Sekaten, Menjaga Harmonisasi Budaya Religi dan Ekonomi

Yogyakarta (alun alun utara) – Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) yang merupakan rangkaian dari peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW bisa menjadi sarana interaksi warga, mengharmonisasikan antara budaya, religi dan ekonomi. Bahkan Sekaten yang sudah menjadi event tahunan juga menjadi daya tarik wisatawan. ke depan lebih ditingkatkan harmoninya, hal tersebut disampaiakan  Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, Jumat (10/11) saat membuka secara resmi PMPS Tahun 2017 di Alun alun Utara Keraton Yogyakarta.

PMPS akan berlangsung selama 20 hari sampai 30 November tersebut diikuti oleh 486 Stand. Anjungan Kementerian Agama Kanwil Daerah Istimewa Yogyakarta yang didalamnya diisi oleh stand Direktorat Jenderal Bimas Islam Kemenag RI, Kanwil Kemenag DIY, Kankemenag kabupaten/kota, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Forum Pengusaha Umrah Haji Yogyakarta, dan Baznas serta hiburan Islami.

Sementara itu stand Kementerian Agama kabuapten Sleman menampilkan potensi yang ada dari Kemenag Sleman, diantaranya KUA Tempel yang mempunyai prestasi menjadi KUA Teladan Tingkat Nasional. MTsN 6 Sleman dengan segudang prestasinya, dijadwalkan selain dari Kemenag sendiri pengisi stand Kemenag Sleman ada Ponpes Raudhatul Mutaqin, Ponpes Sunan Pandanaran dan juga KUA Prambanan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman H. Sa’ban Nuroni mengungkapkan kebanggaanya pada prestasi dari Kemenag Sleman yang ditampilkan di Stand Kemenag Sleman. Diantara pengunjung stand Kemenag Sleman nampak Kakanwil DIY H. Muh. Lutfi Hamid, Kabag TU Kawnwil DIY H. Edy Gunawan dan Pejabat Kanwil DIY melihat potensi dan prestasi dari Kemenag Sleman sambil menikmati hidangan Jadah, salak madu asli Sleman.

Buku buku panduan beribadah serta prosedur prosedur layanan kemenag sleman juga bisa didapatkan di stand Kemenag Sleman. selain itu dibagikan juga stiker bermakna ibadah untuk pengunjung stand Kemenag Sleman.(pur)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.