Studi Banding Perkuat Pembangunan ZI Kemenag Sleman

Sleman-Reformasi Birokrasi menyasar pada 8 area perubahan, beberapa area perubahan yang difokuskan adalah terkait perubahan budaya kerja, pola pikir dan nilai-nilai berorganisasi di Kementerian Agama Kabupaten Sleman . Program Reformasi Birokrasi disusun sebagai langkah untuk mengatasi masalah-masalah mendasar yang terjadi. Ke delapan area perubahan tersebut adalah organisasi, tatalaksana, peraturan perundang-undangan, SDM aparatur, pengawasan, akuntabilitas, pelayanan publik, mindset dan cultural set aparatur.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari program kerja Tim Zona Integritas (ZI) Kantor Kementerian Agama kabupaten Sleman menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Pembangunan ZI di fokuskan pada penerapan manajemen perubahan, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, serta peningkatan kualitas pelayanan public yang bersifat nyata.

Menindaklajuti hal tersebut Kamis (07/09) Tim Zona Integritas Kementerian Agama Kabupaten Sleman mengadakan studi banding ke Kantor KPPN Yogyakarta untuk menggali dan mendapatkan Referensi sebanyak banyaknya tentang apa yang telah dilakukan oleh KPPN Yogyakarta dalam membagun zona Integritas di Kantor tersebut. Dipimpin langsug oleh Plt. Kepala Kemenag Sleman Drs. H. Abdul Harisd Naufika, M.Pd. Juga Kasubbag TU H. Nurhuda, MSI. Beserta tim yang beranggotakan dari masing masing Divisi.

Dalam sambutanya Plt. Kepala menyampaikan “komitmen kami untuk membangun Zona Integritas yang mantab di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, untuk itu kami datang ke KPPN Yogyakarta untuk mencotoh apa yang telah dilakukan sehingga menjadi seperti sekarang ini” jelas Pak Haris.

Sementara itu para tim sesuai divisinya mencari materi materi ZI yang bisa diterapkan di Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Pada kesempatan terpisah H. Nurhuda menyampaikan “tidak semua hal bisa diterapkan di Kemenag Sleman namun Tim akan berupaya berinovasi sehingga akan nampak dan berhasil seperti pembagunan ZI yang telah dilaksanakan di KPPN Yogyakarta” tegasnya.(pur)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.