Bimas Islam Bekali Pegawai KUA Kemampuan Layanan Responsif

Sleman – Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) Kemenag Sleman menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Service Excellent (layanan prima) bagi pegawai di bagian front office Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se-Kabupaten Sleman, Rabu (21/12) di Hotel Prima SR, Sleman. Menurut Kepala Seksi Bimas Islam, Abdu Naim, S.Ag. acara tersebut diikuti 40 orang, terdiri dari staf KUA, serta pegawai di Kantor Kemenag Sleman.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kemenag Kabupaten Sleman, Drs. H. Zainal Abidin, M. Pd.I. Dalam sambutannya Zainal mengungkapkan acara semacam ini sangat diperlukan bagi para pegawai karena memberikan bekal berharga untuk pegawai yang memberikan layanan langsung ke masyarakat. “Ini termasuk acara yang jarang dilakukan, padahal manfaatnya bisa langsung diterapkan saat melayani masyakarat,” terangnya.

Materi utama disampaikan oleh para trainer dari Ardhana. Elina Pertiwi, MPPR pada sesi pertama memberikan gambaran tentang bagaimana bersikap antusias, responsif dan ramah. Lina mengingatkan sikap demikian bisa diperoleh dari latihan yang konsisten. “Sikap-sikap tersebut tidak bisa diajarkan tetapi bisa dilatih,” jelasnya.

Sedangkan, Isnurin Bonowiyati, S.IP. M.Si. menerangkan proses komunikasi yang baik dan efektif. Proses komunikasi merupakan bagian penting dalam pelayanan prima. Komunikasi sering terkendala karena beberapa faktor, misal adanya prasangka. “Layanan ada yang bersifat intra personal dan antar personal, maka setiap diri mesti juga bisa melayani dirinya sendiri sebelum melayani orang lain,” tuturnya. Pelayanan terhadap diri sendiri berupa perasaan syukura dan memandang sesuatu dari sisi positif. (esp)