KUA Tempel Latih Guru Tata Cara Pengurusan Jenazah

Sleman (KUA Tempel) – Kantor Uruan Agama (KUA) Kecamatan Tempel Sleman menyelenggarakan pelatihan perawatan jenazah yang diikuti oleh para guru, Rabu (21/12). Kegiatan yang dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Pendidikan ini mengambil Prespektif Hukum Islam dan Kesehatan dalam perawatan jenazah.

Kegiatan digagas Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tempel, UPT Yandik Kecamatan Tempel dan bekerjasama dengan Puskesmas Tempel II diikuti guru  Pendidikan Agama Islam (PAI)  tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD).

“KUA Tempel dengan UPT Yandik Kecamatan Tempel kali ini menggelar Pelatihan perawatan jenazah, pesertanya para guru PAI setingkat MI, tujuan acara ini dalam rangka sinergitas KUA dan para guru, selain itu untuk memberikan pemahaman tentang perawatan jenazah agar bisa diajarkan kepada peserta didik sebagai bahan pelajaran agama,“ jelas Kepala KUA Tempel .H.Ujang Sihabudin, S.Ag, MSI.

Menurutnya materi medis dan hukum islam berkaitan dengan hal itu sangat penting. “Materi medis sangat dibutuhkan mengingat mayat yang dirawat itu kadang bisa saja memiliki  penyakit menular sehingga tidak  cukup  dengan aspek syar’i saja akan tetapi harus ada penanganan khusus,“ terang Ujng.

Kedepan, menurut Ujang, akan dibangun senergi yg lebih luas lagi. Melibatkan penyuluh agama fungsional maupun honorer. Sementara Camat Tempel Wildan Solichin, S.IP, MT mengapresiasi acara ini dan berharap ada kaderisasi dalam perawatan jenazah. “Dengan acara ini diharapkan anak-anak paham dalah hal perawatan jenazah, tidak selalu dibebankan kepada rois,“ pinta dia.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut, yakni H Jadiyo S. Ag dari KUA Tempel  dan Heri Purnama dari Puskesmas Tempel II. KUA Tempel terus berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai elemen guna memberi layanan terbaik bagi masyarakat. (hen/eko)