Sambut Kemenangan MTsN 7 Sleman Berlatih “SUNUR”

Kemenag Sleman (MTsN 7 Sleman) – Bersamaan dengan kegiatan pembagian zakat fitrah, MTsN 7 Sleman selenggarakan SUNUR yang diselenggarakan pada Kamis (6/5/2021). Kata “SUNUR” merupakan akronim dari kata sungkeman dan janur, yang bertujuan untuk mengajarkan peserta didik tata cara sungkeman dan pembuatan janur. Kegiatan ini dirasa sangat tepat karena dilaksanakan menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H. Prosesi pelatihan “SUNUR” dilaksanakan secara daring dan tatap muka yang dilaksanakan di lapangan madrasah dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan pencegahan Covid-19.

Kepala MTsN 7 Sleman Titik Susilawati mengatakan, progam sunur merupakan progam yang diusulkan oleh Kemenag Kabupaten Sleman. Progam ini dimaksudkan sebagai upaya melestarikan budaya sungkeman dan pembuatan ketupat dari janur yang sangat erat dengan nilai filosofis, disamping itu progam ini juga dimaksudkan untuk membentuk generasi yang sehat dan berkarakter.

Seperti halnya pagi ini seluruh peserta didik yang berada di madrasah berlatih membuat ketupat secara bersama-sama, sedangkan yang lain menyaksikan melalui media sosial secara live dan mengirimkan hasil berupa vidio pembuatan ketupat kepada wali kelas masing-masing. Ketupat yang dihasilkan selanjutnya akan diserahkan kepada keluarga masing-masing peserta didik.

Selain berlatih membuat ketupat dengan janur, peserta didik juga diajarkan bagaimana tata cara sungkeman saat Idul Fitri. Kegiatan Sungkeman dipandu oleh Narima Basuki selaku Waka Kesiswaan. Peserta didik belajar sungkem dengan wali kelas masing-masing dan peserta didik yang dirumah berlatih sungkeman dengan orang tua masing-masing. Sungkeman dilakukan menggunakan bahasa jawa yang halus sebagai manifestasi budaya lokal.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peserta didik dapat melakukan sungkem pada orang tua masing-masing pada saat hari raya Idul Fitri serta dapat membuat hasil karya berupa ketupat dari janur. (rdt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *