Persiapkan ANBK, MTsN 8 Sleman Berikan Pembekalan Materi Literasi, Numerasi dan Profil Pelajar Pancasila

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 akan segera dilaksanakan di setiap satuan pendidikan jenjang dasar maupun menengah. Melansir laman yang dikeluarkan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk jenjang SMP, MTs maupun Paket B akan dilaksanakan 4 – 7 Oktober 2021 mendatang.

Sudah menjadi hal wajar diperlukan pendampingan dan persiapan agar hasil yang didapatkan menjadi maksimal dan sesuai harapan. Hal itu yang dilakukan oleh MTsN 8 Sleman dalam mempersiapkan gelaran asesmen nasional tersebut. Demikian dikatakan Kepala MTsN 8 Sleman Jazim Kholis, S.Ag. saat mendampingi para siswanya.

“Asesmen Nasional merupakan program penilaian dan pemetaan mutu setiap sekolah atau madrasah, untuk itu kita akan mempersiapkan dengan sebaik – baiknya supaya hasil yang didapatkan dapat maksimal dan sesuai harapan,” ujar Jazim.

Bertempat di ruang aula, Kamis (09/09/2021) dilakukan sosialisasi oleh seluruh peserta asesmen yang terdiri dari 45 siswa peserta utama dan 5 siswa peserta cadangan. Kegiatan diawali dengan pembagian buku latihan soal dan pembahasan Asesmen Kompetisi Minimum (AKM) Literasi dan Numerasi bagi seluruh peserta asesmen oleh tim perpustakaan. Dilanjutkan dengan penjelasan seputar ANBK serta jadwal pelaksanaannya oleh proktor madrasah Imam Taufiq, S.Kom. serta pemaparan materi literasi oleh guru Bahasa Indonesia Drs. Muhammad Ali Nursalim, M.Pd.I. dan materi numerasi oleh Khoirul Fikri, S.Pd.

 Sementara itu Waka Kurikulum Drs. Muhamad Jafron mengemukakan program sukses ANBK telah disusun oleh timnya. Diantaranya pembekalan materi literasi, numerasi serta karakter profil pelajar Pancasila oleh guru BK.

“Soal Literasi dan Numerasi merupakan soal yang terbilang “baru” bagi siswa – siswi kita, untuk itu perlu pendampingan dan pembahasan yang akan dilakukan oleh guru – guru, kita agendakan 2 kali dalam seminggu sampai dengan pelaksanaan ANBK Utama di bulan Oktober mendatang,” ucap Jafron. (imm/tnf)

*Tetap Sehat dan Semangat*

*#LawanCovid-19*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *