Lestarikan Budaya, MTsN 7 Sleman Hiasi Tiang Bangunan Madrasah Dengan Motif Batik

Sleman (MTsN 7 Sleman) –  Masih dalam suasana memperingati hari Batik Nasional yang jatuh pada  hari Sabtu 2 Oktober 2021 yang lalu dan sebagai upaya melestarikan Batik yang merupakan kebudayaan Indonesia.  MTsN 7 Sleman menghiasi tiang-tiang bangunan dengan berbagai jenis motif Batik. Banyaknya motif Batik yang tersebar ditiang-tiang bangunan madrasah  selain untuk memperindah lingkungan juga sebagai sarana belajar untuk peserta didik tentang keragaman motif Batik Nusantara dan untuk menegaskan bahwa MTsN 7 Sleman adalah madrasah dengan progam unggulan keterampilan Batik.

Tiang-tiang bangunan dibalut dengan berbagai motif batik dengan media banner dan setiap motifnya diberi penjelasan nama motif tersebut  sebagai upaya mengenalkan warga madrasah baik guru, pegawai, maupun peserta didik tentang ragam motif Batik Nusantara. 

Kepala MTsN 7 Sleman Dra. Hj Titik Susilawati, M.Pd mengatakan dengan mengahadirkan motif-motif Batik di lingkungan madrasah diharapkan seluruh warga madrasah khususnya peserta didik bisa mengenal dan melestarikan Batik Nusantara.

“Batik merupakan identitas bangsa Indonesia yang harus dilestarikan, dengan menghadirkan motif-motif Batik di lingkungan madrasah diharapkan peserta didik bisa mengenal keragaman Batik Nusantara yang kedepannya  bisa ikut melestarikan dengan cara lebih giat belajar membuat Batik yang merupakan progam unggulan MTsN 7 Sleman”. Ujar Titik Susilawati.

Sriyana salah seorang guru Seni Budaya yang ditunjuk sebagai penanggung jawab progam keterampilan Batik mengatakan dengan mendekatkan peserta didik dengan batik diharapkan peserta didik mau berkontribusi langsung dalam melestarikan Batik yang merupakan sebuah warisan budaya yang diakui oleh dunia yang mengandung banyak filosofi kehidupan.” Dengan menghiasi tiang-tiang bangunan madrasah dengan motif Batik diharapkan selain memperindah lingkungan dapat juga sebagai sarana belajar meengenal keberagaman Batik Nusantara kepada peserta didik pada khususnya dan seluruh guru pegawai pada umumnya”. Ungkap Sriyana.

Sementara itu Febri salah salah seorang peserta didik MTsN 7 Sleman mengatakan dengan adanya berbagai ragam motif Batik yang terpampang rapi di tiang-tiang bangunan madrasah secara langsung dapat belajar dan mengenal corak dan motif seluruh Batik yang ada di Indonesia, selain itu suasana madrasah menjadi lebih nyaman.”Kami jadi betah di madrasah, selain itu kami bisa mengenal berbagai macam ragam motif Batik Nusantara yang sebelumnya kami belum tahu”. Kata Febri. (rdt/tnf)