Eny Yaqut Apresiasi Keberanian dan Kegigihan Siswa Difabel Netra MAN 2 Sleman

Sleman (MAN 2 Sleman)- Tepat hari Jum’at (03/12/21) menjadi hari bersejarah bagi siswa difabel netra, karena diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional 2021. Dalam momen istimewa ini, MAN 2 Sleman menjadi tempat kunjungan Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag RI Eny Retno Yaqut Qoumas beserta rombongan juga Forum Pendidik Madrasah Inklusif (FPMI) Provinsi D.I. Yogyakarta pada pukul 13.30 WIB di MAN 2 Sleman.

Kegiatan kunjungan ini merupakan kegiatan lanjutan setelah peringatan Hari Disabilitas Internasional yang dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pada momen ini, Eny Yaqut dinobatkan sebagai Bunda Inklusi. Kedatangan di MAN 2 Sleman disambut baik dengan lantunan lagu The Power of Love yang dinyanyikan oleh Sekar dan Riska, siswa awas dan difabel netra MAN 2 Sleman.

Dilanjutkan dengan pementasan musikalisasi puisi dan D’Group Band menyanyikan lagu “Jangan Menyerah” D’Masiv, Bunda Inklusi sangat menikmati dan ikut bernyanyi bersama. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan stand pameran karya Madrasah Inklusif Provinsi DIY dan penampilan IT siswa difabel netra MAN 2 Sleman. Adalah Ikhwan Hanafi X Agama, Ikhsanudin X IS 1, Helmi Raihan X IPS 1 dengan didampingi pembimbing Inklusi Ahmad Tosirin Anaessaburi, S.H dengan mahir dan lihai mengoperasikan komputer di depan para hadirin.

Di akhir kunjungan, Eny menyampaikan kesan yang ditulis di atas kain kanvas untuk MAN 2 Sleman. Kesan ini dibacakan di depan siswa dan guru MAN 2 Sleman. “Saya sudah melihat banyak, tetapi belum cukup, satu yang pasti saya mengangumi kepribadian, keberanian dan kegigihan semua usahamu untuk membuat kehidupan kita semua lebih baik dan lebih bermakna.”

“Saya menyayangimu dan mari kita maju bersama,” pungkasnya.

Kegiatan berjalan dengan sukses dan lancar, kunjungan dari Eny Retno memberikan dorongan dan motivasi sangat besar bagi MAN 2 Sleman, hal ini disampaikan Kepala MAN 2 Sleman Drs. Muhammad Wahdan Zani saat ditemui reporter MAN 2 Sleman.

“Kami sangat bersyukur atas kedatangan dari Bunda Inklusi, ini membawa semangat bagi kami, baik siswa, guru dan pegawai untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin dan MAN 2 Sleman sebagai penyelenggara madrasah Inklusif ke depan dapat lebih baik lagi.” (Qoma/tnf)