Wakili Kakan, Kasubbag TU Hadiri Vidcon Rakor Kesiapan Hadapi Omicron

Sleman (Humas Kemenag Sleman) – Kepala Sub Bagian Tata Usaha Drs. H. Tulus Dumadi, MA hadir mewakili Kepala Kantor dalam acara Vidcon Rakor Kesiapan Menghadapi Omicron, Selasa (11/1/2022) malam di Smart Room Dinas Kominfo Kabupaten Sleman. Kegiatan dipimpin langsung Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual dan diikuti serempak di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo, Ketua DPRD Kab. Sleman, Dandim 0732 Sleman, Kapolres Sleman, dan jajaran pejabat baik di instansi vertikal maupun pemerintah daerah Kabupaten Sleman.

Dalam sambutannya, Menko Marves menyampaikan informasi terupdate tentang Omicron. “Saat ini Omicron telah menyebar luas dan cepat di berbagai negara di dunia dan Sebagian besar kasus konfirmasi harian Indonesia berasal dari PPLN,” tandasnya. Sebagai upaya preventif, pengetatan pintu masuk tetap dipertahankan untuk mencegah masuknya variant Omicron ke domestik, imbuhnya.

Ia meminta, langkah strategis yang selama ini sudah diterapkan untuk kembali diperkuat secara masif. Lebih lanjut Menko Marves memaparkan langkah-langkah yang harus dikuatkan. Pertama, penegakan protokol kesehatan dengan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi. Kedua, penguatan testing, tracing, dan isolasi terpusat.

Ketiga, akselerasi vaksinasi, terutama untuk lansia dan anak-anak. Dan terakhir poin empat, mempersiapkan rumah sakit, obat-obatan, alat kesehatan, dan tenaga kesehatan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

“Omicron ini penyebarannya cepat dan kasusnya mulai naik. Kita jangan sampai lengah walaupun pasien bisa cepat sembuh. Yang diwaspadai jika pasien memiliki komorbit, diupayakan jangan sampai terlambat dalam penanganan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kasubbag TU Tulus Dumadi menyampaikan terkait penyelenggaraan ibadah umrah tahun 2022 yang sudah mulai memberangkatkan jemaah tanggal 8 Januari 2022 kemarin. Setelah sebelumnya selama 2 tahun mengalami masa vakum.

Ia menegaskan, saat ini Kementerian Agama menerapkan Kebijakan Umrah Satu Pintu (one gate policy) dengan menggunakan asrama haji Jakarta sebagai lokasi screening kesehatan dan titik awal keberangkatan yang dikoordinasikan oleh asosiasi PPIU.

“Dalam hal ini Kanwil Kemenag Provinsi dan Kemenag Kab/Kota wajib melakukan pengawasan keberangkatan jemaah umrah di wilayah kerjanya demi keselamatan Jemaah umrah mulai berangkat, selama beribadah hingga Kembali ke tanah air,” pungkasnya. (tnf)